Tips Mencegah Kebakaran Rumah

Kehadiran taman sebagai salah satu pelengkap eksterior rumah memiliki banyak keuntungan bagi pemiliknya. Selain mampu memperindah keseluruhan rumah Anda, taman juga menghadirkan kesejukan dan asupan udara segar bagi kesehatan. Karena manfaat dan fungsinya yang beragam, maka tak heran bila keberadaan taman selalu diutamakan di hampir perumahan.


Di musim kemarau seperti saat ini, kebakaran menjadi momok yang menakutkan. Tak jarang kebakaran juga melalap habis sebuah permukiman—terutama permukiman yang diisi rumah-rumah semi permanen.

Memadamkan si jago merah bisa jadi merupakan hal yang mustahil. Namun, mencegah terjadinya kebakaran merupakan tindakan yang bisa kita lakukan.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran:

Penggunaan Peralatan Listrik


Sebaiknya Anda tidak menggunakan peralatan listrik yang melebihi beban kapasitas meter listrik. Hindari pemasangan instalasi listrik yang terlalu banyak menggunakan sambungan isolasi, karena isolasi mudah memuai dan mengelupas bila terkena panas listrik.

Jauhkan Benda Pemicu Api


Tidak hanya korek api, minyak tanah, dan tabung gas, botol-botol parfum dan hairspray juga dapat memicu api. Sebaiknya Anda menyimpan peralatan tersebut dengan rapi di tempat yang jauh dari jangkauan api dan anak-anak.

Penggunaan Tabung dan Kompor Gas


Jauhkan tabung dari kompor gas. Kebocoran tabung dan percikan api dari kompor dapat menyebabkan kebakaran. Perlu diketahui, berat jenis gas LPG lebih berat dari udara. Ada baiknya Anda membuat ventilasi di bagian bawah dapur, agar gas dapat mengalir keluar rumah.

Selain itu, jika Anda berencana bepergian untuk waktu yang lama, sebaiknya lepaskan tabung gas dari kompor. Banyak kejadian pemilik rumah pulang setelah rumah hangus terbakar akibat kelalaian ini.

Waspada Rokok


Sebaiknya Anda tidak merokok di dalam rumah, karena bara rokok kerap memicu kebakaran, terutama jika bertemu dengan bahan atau zat yang mudah terbakar.

Sediakan Alat Pemadam Kebakaran


Guna mengantisipasi kebakaran, ada baiknya Anda memiliki alat pemadam kebakaran di dalam rumah. Pemasangan alat deteksi asap pun dapat dilakukan untuk mencegah bencana kebakaran.
Share on Google Plus
Adverticement - Match Content

0 comments:

Post a Comment