10 Kiat Cermat Sebelum Menjual Rumah

Bertambah dan bertumbuhnya anggota keluarga tentu memaksa Anda untuk memiliki hunian yang lebih lega. Ditambah lagi keinginan anak untuk memiliki kamar tidur sendiri, kebutuhan kamar tidur untuk tamu, hingga ruang tamu dan ruang makan yang lebih luas.


Namun sayangnya rumah yang dihuni saat ini, tak memungkinkan untuk direnovasi sesuai kebutuhan. Sehingga mengharuskan Anda mencari hunian baru dengan 3+1 kamar tidur dan 2+1 kamar mandi, Tetapi sebelum membeli rumah baru, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah dana. Untuk mendapatkan dana lebih secara instan, Anda pun harus jual rumah yang ada saat ini. Lalu apa strategi jitu agar rumah Anda segera laku? Beikut ini 10 tahap agar rumah Anda lebih cantik dan menarik perhatian calon pembeli.

Taman


Memiliki sebuah taman di halaman rumah, sama halnya seperti memiliki ruang ekstra. Agar nilai jual kembali maksimal, buatlah sebuah taman yang senada dengan façade rumah. Selain mampu memberikan kesejukan, keindahan dan kenyaman bagi siapapun yang melihatnya, taman juga dapat menurunkan kadar polusi serta menstabilkan suhu udara di rumah. Anda dapat mempercantik taman dengan menempatkan tanaman asli dan tanaman eksotis, serta kolam ikan sebagai daya tariknya.

Pagar


Pastikan pagar yang dipasang kompatibel dengan gaya rumah. Penggunaan pagar kayu akan membawa rumah Anda ke gaya klasik seperti Edwardian atau Victorian. Anda bisa mengaplikasikan kaca patri motif burung atau bunga untuk rumah bergaya Victorian, dan motif art deco sunburst untuk Edwardian. Namun pada rumah bergaya modern penggunaan pagar dirasa kurang menarik.

Mengecat


Hal lain yang perlu Anda lakukan saat hendak menjual rumah adalah dengan membersihkan, merapikan dan melakukan pengecatan ulang. Pilih warna cat yang netral dan elegan sehingga rumah terkesan menarik dan siap ditempati. Karena sudah tentu pembeli menginginkan rumah yang siap pakai dan tidak membutuhkan banyak renovasi.

Pergola


Kehadiran pergola di rumah tentunya semakin menambah suasana sejuk dan asri. Pergola merupakan bagian rumah namun berdiri sendiri, yang biasanya berfungsi sebagai peneduh taman dengan ditumbuhi tanaman rambat yang indah. Pergola juga mampu memberikan kesan alami karena material yang digunakan biasanya terbuat dari kayu.

Orientasi


Orientasi yang dimaksud adalah, bagaimana cara Anda meyakinkan calon pembeli bahwa taman yang menghadap ke utara akan nampak lebih hijau dan segar saat cuaca cerah. Furnitur outdoor berbahan kayu jati yang ada di taman seperti payung, meja, dan kursi, juga dapat Anda poles dengan minyak kelapa agar terlihat baru dan terawat.

Dinding Retak


Jangan sampai masalah dinding retak menyurutkan minat calon pembeli rumah Anda. Untuk itu Anda perlu memperhatikan kondisi dinding di tiap ruangan. Bila Anda menemukannya, segera hubungi jasa renovasi rumah untuk memperbaikinya.

Lantai Kayu


Bila salah satu ruangan pada rumah yang akan Anda jual menggunakan lantai kayu, maka berikanlah perawatan intensif. Karena lantai kayu lebih cepat lembab dan menyerap air dibandingkan dengan lantai keramik. Sehingga noda dari debu dan cairan akan lebih sulit dihilangkan daripada lantai keramik.Pilih dan gunakan kain pembersih yang tepat, bagus dan benar. Perhatikan banyaknya cairan yang dituang, jangan terlalu banyak, karena hal ini dapat meninggalkan noda membandel dan semakin sulit dibersihkan di lantai kayu.

Plafon


Plafon yang bersih dan terawat menambah kenyamanan di dalam rumah. Tetapi kotoran dan debu terutama sarang laba-laba yang menempel, kerap membuatnya tidak sedap dipandang. Karena membersihkan plafon adalah pekerjaan yang mudah, maka Anda dapat melakukannya sendiri dengan bantuan sapu atau sikat.

Suasana


Menghias interior ruangan dengan tanaman, vas bunga, lukisan atau patung, akan membuat calon pembeli merasa Anda sangat serius dalam mengelola rumah. Anda juga bisa menambahkan pewangi ruangan aromatherapy, serta membuka jendela untuk melancarkan sirkulasi udara.

Iklan


Kunci terakhir yang dapat Anda terapkan adalah mengiklankannya secara berbayar melalui koran dan majalah, atau secara gratis melalui situs jual beli properti online Rumah.com. Tak hanya untuk menjual properti, melalui situs ini Anda juga bisa menemukan ratusan listing perumahan baru yang tersebar di Indonesia.
Share on Google Plus
Adverticement - Match Content

0 comments:

Post a Comment