Perangkat Smart Home Apa yang Diperlukan di Rumah Anda?

Rumah pintar (smart home) kini makin mudah diwujudkan. Beragam produk dengan variasi harga dan kualitas banyak ditemukan di pasar. Dengan gaya hidup modern yang menginginkan kemudahan, banyak konsumen yang menjadikan sistem smart home sebagai kebutuhan.


“Penggunaan perangkat smart home kini cukup penting, mengingat kondisi Jakarta saat ini. Dari segi keamanan, perangkat ini dilengkapi sejumlah alat pengaman, seperti CCTV, alarm detector (smoke and glass crashing detector) serta sensor gas. Semua itu bisa dipantau dari jarak jauh,” terang Eric L. Pangkey, Komisaris Utama SmartHome Inside, Rabu (12/8).

Untuk keamanan pada pintu utama, imbuh Eric, konsumen dapat menggunakan produk RF Life Cube yang menggunakan akses finger print doorlock system. “Selain secara manual (kunci), pintu dapat dibuka dengan sidik jari, password, dan smartphone. Produk ini juga dilengkapi dengan intercom yang dapat terhubung langsung ke gadget,” urainya.

Dari sisi kenyamanan, perangkat smarthome multifungsi ini dapat mengaktifkan lampu, televisi, DVD, AC, dan perangkat elektronik lainnya. Semuanya dapat dikendalikan dengan smartphone, laptop, dan tablet—lewat jaringan internet.

Selain itu, perangkat ini juga mampu menurunkan konsumsi listrik, terutama lampu, AC, dan water heater. Dilengkapi dengan fitur dimmer, sensor cahaya, dan timer, teknologi ini mampu menghemat energi hingga 40%.

“Produk ini mampu mengatur konsumsi listrik yang dapat diatur sesuai keinginan. Begitu pun pengaturan pencahayaan lampu yang menyesuaikan kebutuhan ruang di dalam rumah,” papar Eric.

Dilengkapi pula oleh sensor gerak, perangkat pintar ini juga mampu mengantisipasi pencurian. Ketika ada orang masuk ke dalam rumah, alarm dan semua lampu akan menyala. Sistem juga mengirim notifikasi kepada pemilik melalui ponsel.

“Keunikan lain yang kami miliki adalah produk smart gardening. Perangkat ini dapat menyiram tanaman secara otomatis dengan aktivasi yang bisa diatur sesuai kebutuhan,” tutur Eric yang menjelaskan pemasangan peranti ini hanya membutuhkan waktu satu hari.

Menurut Eric, produk Hongkong berteknologi Jerman ini tiga kali lebih murah dibandingkan produk sejenis buatan Amerika, yakni berkisar Rp20 juta – Rp30 jutaan untuk paket basic.

“Kelengkapannya sudah termasuk host (mesin utama), CCTV, pengatur lampu, pengatur elektronik pengganti remote TV, DVD, AC. Aplikasinya mengadopsi sistem android dan iOS,” pungkas Eric.
Share on Google Plus
Adverticement - Match Content

0 comments:

Post a Comment