Jangan Salahin Provider! Ini 5 Alasan Mengapa Internet di Indonesia Super Lelet

Pasti kesal dong saat ingin main game online atau ingin streaming film tapi loading-nya lama karena internetnya lelet. Kebanyakan orang pasti marah-marah dan menyalahkan provider yang sedang digunakan atau membanding-bandingkan internet indonesia dengan internet di negara lain.


Mulai sekarang berhentilah bersikap seperti itu, berikut Saya akan menyebutkan 5 alasan mengapa internet indonesia lelet yang harus kamu pahami. Yuk, simak di bawah ini.

Ini 5 Alasan Mengapa Internet di Indonesia Super Lelet


1. Belum memiliki koneksi internasional


Indonesia belum terhubung langsung ke jaringan internasional. Sehingga untuk terkoneksi langsung ke server-server utama seperti Google, Facebook, Twitter harus melalui beberapa negara terlebih dahulu seperti Singapura, Hongkong, dan setelah itu baru terkoneksi ke server utama yang kebanyakan berada di Amerika.

Sehingga hal itu mengharuskan provider Indonesia mengeluarkan biaya lebih untuk itu. Dengan mahalnya sambungan internet, satu jalur internet terpaksa harus digunakan banyak user/pengguna internet dan pastinya akan membuat internet menjadi lambat.

2. Geografi


Seperti yang kita ketahui, Indonesia terdiri dari banyak pulau dan kondisi datarannhya yang tak menentu. Ada yang berbukit, ada yang datar-datar saja menjadi tantangan bagi provider untuk membangun infrastruktur di tempat-tempat yang sulit dijangkau.

Selain menambah biaya dengan sulitnya medan akan membuat provider ragu untuk membangun infrastruktur sehingga penyebaran internet di indonesia tidak merata.

3. Banyaknya pengguna internet di Indonesia


Indonesia menduduki peringkat ke-8 dengan penggunaan internet terbanyak, hal ini berpengaruh kepada kecepatan internet di Indonesia. Kenapa berpengaruh, karena dengan banyaknya pengguna internet pembagian jaringan internet pun harus banyak sehingga membuat internet Indonesia menjadi lambat.

Jadi internet di Indonesia itu sebenarnya tidak lambat tetapi penggunanya saja yang terlalu banyak sehingga harus ada peningkatan oleh pihak provider. Jika dibandingkan dengan Singapura yang negaranya sangat kecil jauh dari indonesia. Bisa disimpulkan kecepatan internet di Indonesia lebih cepat daripada Singapura, hanya pengguna di Indonesia yang banyak dan menyebabkan internetnya pun ikut lambat.

4. Persaingan antar provider


Seperti yang banyak kita lihat saat ini, Indonesia memiliki banyak provider dari provider berplat merah hingga provider-provider swasta. Dengan banyaknya provider ini masing-masing provider berlomba-lomba menyediakan internet murah, tentu hal ini dapat memanjakan pengguna internet.

Akan tetapi hal ini menyebabkan internet di Indonesia menjadi lambat lho, karena dengan murahnya harga paket internet akan mendongkrak pertumbuhan pengguna internet, tetapi tidak di iringi dengan peningkatan infrastruktur dan perbaikan di masing-masing provider.

5. Infrastruktur yang mahal


Mahalnya infrastruktur penunjang penyebaran internet di Indonesia menyebabkan internet di Indonesia terkena dampaknya. Tidak meratanya penyebaran internet dan alat-alat yang digunakan tidak secanggih dan semutakhir negara lain membuat Indonesia belum mampu menyediakan internet cepat sesuai keinginan penggunanya.

Untuk memenuhi itu semua membutuhkan biaya yang tidak sedikit, Oleh karena itu harga paket internet di Indonesia semakin hari semakin meningkat, hal itu dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas internet yang di berikan provider itu sendiri.

itulah 5 alasan mengapa internet Indonesia lelet dibandingkan negara lain yang harus dipahami setiap orang. Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus
Adverticement - Match Content

0 comments:

Post a Comment