Sportscar Bermesin Rotari Mazda RX-9 Meluncur Oktober?

Mazda masih menutup rapat informasi soal sportscar anyar mereka yang mengusung mesin rotari. Namun, menurut bocoran, pabrikan Jepang itu berencana akan memperkenalkan pada Oktober tahun ini.

Laporan Levolant Boost sebagaimana dikutip Carscoops, Selasa (18/7), sportscar bermesin rotari itu bernama RX-9 yang akan menetas untuk debut Mazda Cosmo pada 50 tahun lalu dengan mesin Wankel.


Lebih lanjut, Mazda RX-9 kabarnya akan dibangun berbasis RX-Vision yang dipamerkan pabrikan di Tokyo Motor Show 2015. Mobil itu digadang-gadang memiliki tenaga 450 daya kuda (dk) dan akan dijual dengan harga 71 ribu dolar Amerika.

Kabar sebelumnya menyebut bahwa Mazda RX-9 akan menganut dua mesin rotari dengan turbo rotari. Selain itu adapula solusi turbocharging dua tahap, yang akan mengaktifkan unit listrik ketika putaran rendah dan menggunakan turbocharger pada putaran tinggi.


Managing Executive Officer Mazda Motor Corporation Kiyoshi Fujiwara menuturkan bahwa mereka sudah menemukan sejumlah formulasi untuk mengatasi kelamahan pada mesin rotari lawas mereka.

Kebocoran pada proses hisap (intake), kompresi (compression), pembakaran (combustion), dan pembuangan (exhaust) dijawab dengan adanya seal Apex yang lebih fleksibel.

Kemudian, dia juga akan mengubah posisi busi. Bila sebelumnya menempel di rotor housing, busi kali ini ditempatkan pada ruang khusus, sehingga nyala busi akan ditembakkan dengan mekanisme khusus ke rumah silinder. Fujiwara menyebut solusi ini mirip dengan jurus kamekamehan di animasi Dragon Ball.
Share on Google Plus
Adverticement - Match Content

0 comments:

Post a Comment