One Plus 5 Vs iPhone 7: Mana yang Punya Kualitas Kamera Terbaik?

Tahun 2017 merupakan tahun yang dipenuhi dengan persaingan antara sejumlah brand ternama smartphone terutama antara Samsung, HTC dan Apple. Beberapa bulan lalu, mungkin banyak orang akan terus-menerus membahas persaingan antara smartphone flagship Samsung Galaxy S8 dan iPhone 7 namun kini mata para pecinta gadget sedang tertuju pada persaingan antara smartphone flagship lainnya yaitu One Plus 5 milik HTC dengan iPhone 7 yang terus bergejolak.


Salah satu aspek yang paling menjadi perhatian dari persaingan kedua smartphone flagship tersebut adalah aspek kualitas kamera. Langsung aja nih simak pembahasan Saya kali ini seputar perbandingan hasil foto dari masing-masing kamera smartphone flagship di atas.

One Plus 5 Vs iPhone 7: Mana yang Punya Kualitas Kamera Terbaik?


1. Spesifikasi Kamera


Dari segi spesifikasi, iPhone 7 hadir dengan kamera depan dan belakang beresolusi 12 MP

Nama PerangkatiPhone 7One Plus 5
Resolusi Kamera12/12 MP16/20 MP
Aperturef/1,8 dan f/2,8f/1,7 dan f/2,6

2. Hasil Foto Street View


Dari hasil pengujian ketika memotret pemandangan suatu objek berupa bangunan di pinggir jalan, foto yang dihasilkan oleh kamera One Plus 5 terlihat lebih kontras dan hidup serta warna yang dihasilkan terlihat lebih pekat (saturasi).


Bagaimana dengan hasil foto dari kamera iPhone 7? Foto yang dihasilkan rupanya tidak kalah bagus dan warna yang dihasilkan terlihat sangat nyata.

3. Hasil Foto Pada Kondisi Gelap


Foto sebelah kiri merupakan foto dari kamera iPhone 7 Plus sedangkan yang di sebelah kanan merupakan foto dari kamera One Plus 5. Jika dilihat dari gambar di atas, hasil foto kamera iPhone 7 Plus terlihat lebih terang dikarenakan algoritma pemrosesan gambar miliki iPhone 7 memang lebih efektif.

4. Hasil Foto Close Up


Jika dilihat dengan seksama, hasil foto dari kamera One Plus 5 lagi-lagi terlihat lebih kontras (bandingkan warna pada bunga merah padam) dan detail yang dihasilkan juga terlihat sedikit lebih baik (perhatikan bagian gelap pada bunga berwarna ungu). Namun, sekali lagi iPhone 7 membuktikan kualitasnya dengan menghasilkan warna yang lebih nyata. Warna bunga merah padam lebih gelap sesuai dengan bunga aslinya yang memang terlihat gelap.

5. Hasil Foto Pada Kondisi Cahaya yang Bercampur


Pada pengujian ketika memotret objek berupa manusia yang sedang berdiri di tempat pertemuan cahaya (antara cahaya alam dengan cahaya dari lampu), jelas terlihat kalau iPhone 7 Plus menghasilkan foto dengan warna kulit yang lebih baik. Di sisi lain, pada hasil foto dari kamera One Plus 5, terlihat noise yang cukup banyak pada bagian sekitar leher objek.

Jika dilihat dari keempat foto yang dibandingkan di atas, baik iPhone 7 (diwakili iPhone 7 Plus) dan One Plus 5 masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Kamera iPhone 7 Plus menghasilkan gambar yang lebih nyata walaupun hanya memiliki resolusi 12 MP sementara kamera One Plus 5 memiliki kelebihan dalam hal detail, kontras, dan saturasi yang lebih baik.

Itulah tadi perbandingan antara kamera iPhone 7 dan One Plus 5, semoga bermanfaat dan manakah kamera yang menurut kalian memiliki kualitas yang lebih baik? Silakan meninggalkan jejak di kolom komentar serta share artikel ini ke teman-teman kalian.
Share on Google Plus
Adverticement - Match Content

0 comments:

Post a Comment