Biar Nggak Ditipu Seller, 5 Hal Ini WAJIB Kamu Ketahui Sebelum Beli Drone

Zaman sekarang, siapa sih yang tidak tahu drone? Benda itu mungkin sudah tidak asing lagi kamu dengar. Pesawat mini dengan fitur kamera yang dikendalikan melalui remote control ini begitu populer tidak hanya di Indonesia, namun di seluruh dunia. Perangkat ini menjadi semakin populer akhir-akhir ini dan digunakan dalam berbagai bidang. Hal ini terutama karena harganya yang semakin terjangkau.


Banyak produsen perangkat drone yang menawarkan aneka drone dengan beragam fitur unggulan. Mulai dari harga yang murah dengan fitur minimalis, maupun drone dengan harga selangit berfitur 'wah'. Lalu, bagaimana cara terbaik untuk memilih drone? Berikut ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum kamu membeli drone impian kamu.

Biar Nggak Ditipu Seller, 5 Hal Ini WAJIB Kamu Ketahui Sebelum Beli Drone


1. Kemudahan Terbang


Kemudahan mengendalikan drone dimulai dari persiapan terbang, menjaga kestabilan drone saat mengudara, dan kemudahan mendaratkannya. HAi tersebut merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan. Drone yang memiliki fitur stabilitas yang baik seperti 3-axis control layak kamu pertimbangkan.

2. Portabilitas


Portabilitas menjadi hal yang penting kamu pertimbangkan terutama jika kamu ingin membawa drone tersebut menemani acara jalan-jalan kamu. Pilihlah drone yang memiliki dimensi tidak terlalu besar dan tidak terlalu berat, sehingga kamu tidak akan kesulitan saat membawanya.

Namun, bila kamu seorang fotografer profesional yang ingin mengabadikan foto atau film dengan kualitas sinema, pilihlah drone yang mampu membawa beban peralatan kamera profesional yang berat, drone ini biasanya memiliki bodi yang kokoh dan dimensi yang agak besar.

3. Waktu Kemampuan Terbang


Waktu Terbang sangat bergantung pada kualitas dan besaran daya dari baterai yang terpasang. Kebanyakan drone memiliki waktu terbang sekitar 15 menit. Beberapa lainnya memiliki waktu terbang sampai 30 menit. Lebih baik persiapkan baterai cadangan bila kamu menginginkan waktu terbang yang lebih lama.

Jangan lupakan satu hal, perhatikan apakah drone yang akan kamu beli, memiliki fitur "Return Home" yang memungkinkan drone untuk kembali menuju controller pada saat daya hampir habis, sehingga bisa meminimalisasi kemungkinan drone jatuh kehabisan daya.

4. Kualitas Kamera


Periksalah apakah drone yang akan kamu beli memiliki kemampuan kamera yang kamu harapkan. Beberapa drone memiliki kemampuam merekam video 4K HD, sementara yang lainnya ada yang hanya mampu merekam video dengan kualitas VGA. Cek pula apakah drone tersebut dapat disisipkan dengan kamera eksternal seperti action camera atau professional DSLR Camera.

5. Regulasi


Cari tahu regulasi atau peraturan pemerintah yang telah ditetapkan dalam rangka penggunaan drone di wilayah kamu. Pahami daerah-daerah tertentu yang telah diberikan larangan untuk dilalui oleh drone. Jangan sampai karena keasyikan memainkan drone, kamu malah jadi melanggar hukum tanpa kamu sadari.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum kamu membeli drone impian kamu. Sekarang kamu sudah tahu kan hal-hal apa saja yang harus kamu perhatikan sebelum membeli drone? Kalau kamu punya kriteria lainnya, silakan share dalam kolom komentar ya. Selamat ber-drone ria!
Share on Google Plus
Adverticement - Match Content

0 comments:

Post a Comment