7 Aplikasi Chatting Android Paling Aman Sejauh Ini, ANTI SADAP!

Belakangan ini fitur enkripsi end-to-end pada aplikasi berkirim pesan sudah menjadi "barang wajib". Fitur tersebut diyakini bisa bikin aktivitas chatting kamu bebas dari aksi penyadapan.

Pasalnya, tidak ada seorangpun, kecuali kamu dan penerima pesan yang bisa melihat isi dari pesan tersebut. Maka dari itu, berikut 10 aplikasi chatting Android paling aman yang bisa kamu gunakan.


Aplikasi Chatting Android Paling Aman


1. WhatsApp


Aplikasi chatting paling aman pertama adalah WhatsApp. Dengan fitur enkripsi end-to-end, setiap pesan baik yang dikirim maupun diterima akan diamankan.

Menariknya, tingkat enkripsi WhatsApp merupakan salah satu terkuat dibandingkan yang ada pada aplikasi instant messenger yang lain.

2. Messenger


Aplikasi Facebook Messenger pun merupakan salah satu aplikasi chatting Android paling aman. Dengan fitur Secret Conversation pesan yang kamu kirim lewat Messenger akan diamankan dengan enkripsi end-to-end.

Selain itu kamu juga dapat mengatur waktu sebuah pesan dapat dilihat, baik oleh pengirim maupun penerima.

3. Telegram


Telegram adalah aplikasi chatting yang senada dengan WhatsApp, tampilannya memang engga jauh beda dengan WhatsApp. Salah satu keunggulan Telegram adalah keamanan dari pesan yang kamu kirimkan yakni fitur Secret Chat, dimana pesan-pesan tersebut akan dienkripsi dan hanya bisa dibaca oleh sang penerima.

Terdapat juga fitur self-destruct alias penghapusan pesan secara otomatis sesaat setelah dibaca. Pesan tersebut akan hilang dan musnah selama-lamanya, dan tidak dapat dilacak lagi dengan cara apa pun.

4. Signal


Signal juga memiliki sistem keamanan yang tinggi. Signal dikembangkan oleh Open Whisper Systems, sebuah kelompok hacker yang membantu WhatsApp dalam pengembangan enkripsinya. Persis seperti WhatsApp, Signal juga menanamkan fitur enkripsi end-to-end pada pesan teks, suara, file, dan media lainnya.

5. Wickr Me


Wickr Me ini merupakan aplikasi chatting Android paling aman yang dikembangkan oleh salah seorang peretas, Nico Sell. Awalnya, Wickr Me digunakan sebagai media berkirim pesan bagi para whistleblower agar pemerintah tidak dapat melihat pembicaraan tersebut.

Wickr Me disebut-sebut hadir dengan enkripsi pesan kelas militer. Jadi, pesan akan diacak dan tidak ada pihak lain yang dapat mengidentifikasi.

6. Silent Phone - private calls


Kalau Silent Phone ini menawarkan panggilan terenkripsi secara peer-to-peer, pun demikian dengan panggilan video, pesan, dan transfer file. Aplikasi ini tersedia di Android dan iOS.

Kamu dapat mengirim file penting dalam bentuk PDF, DOCX, dan format file lainnya tanpa perlu was-was takut disadap. Waktunya ketersediaan pesan yang kamu kirim juga bisa diatur.

7. Viber Messenger


Aplikasi chatting Android paling aman berikutnya adalah Viber, kamu pastinya pernah atau mungkin malah sedang menggunakan aplikasi ini, karena punya fitur paling lengkap.

Fitur Viber antaralain, enkripsi end-to-end, menghapus pesan terkirim, publicchats, dukungan karakter teks yang lebih banyak, dukungan gif, dan pengiriman uang via Western Union.

Akhir Kata


Itulah 7 aplikasi chatting Android paling aman di dunia. Di satu sisi fitur enkripsi memang memberikan privasi tersendiri, namun juga menyulitkan pemerintah dan pihak keamanan untuk megungkap kasus tertentu.

Sebab data rekaman percakapan tidak bisa dibuka, bahkan oleh pihak pengembang aplikasinya sendiri. Fitur ini pun menuai pro dan kontra, bagaimana pendapat kamu perlukah fitur enkripsi?
Share on Google Plus
Adverticement - Match Content

0 comments:

Post a Comment