Anti Hacker! Ini 5 Cara Menjaga Ponsel Tetap Aman Dari Usaha Spying

Sebagai pengguna gadget tentu kita harus paham jika smartphone menyimpan sejumlah data pribadi, baik itu alamat rumah, kontak, informasi perbankan, email, dan masih banyak lagi yang lainnya. Informasi-informasi tersebut adalah target utama bagi pencuri data dan peretas, dan terkadang kita tidak menyadari jika mereka sebenarnya telah mendapatkan informasi tersebut. Maka dari itu, menjaga isi dalam ponsel kita tetap aman harus menjadi prioritas utama sebagai pengguna smartphone yang bijak.


Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keamanan ponsel terhadap usaha spying. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, langsung saja deh simak berikut ini.

Anti Hacker! Ini 5 Cara Menjaga Ponsel Tetap Aman Dari Usaha Spying


1. Gunakan Passcode yang Kuat Pada Screen Lock


Memang sering kali kebanyakan pengguna gadget abai terkait pentingnya memberikan keamanan screen lock pada perangkat mereka. Hal ini mereka lakukan karena merasa aman-aman saja selama ini, lagi pula mereka juga membuka ponsel puluhan kali sehari sehingga fitur screen lock menjadi tak begitu penting dan malah membuang-buang waktu untuk menggunakannya.

Padahal screen lock merupakan fitur keamanan yang sangat penting, ditambah penggunaan passcode yang kuat seperti kombinasi pin atau swipe pattern pastinya akan meningkatkan kompleksitas kata sandi menjadi lebih eksponensial. Secara tak langsung hal tersebut bakal memperkuat keamanan ponsel, yang bahkan komputer super sekalipun bakal kesulitan untuk meretasnya.

2. Mengaktifkan Mode Pesawat


Jika kita tidak sedang melakukan panggilan, maka sebaiknya disarankan untuk mengaktifkan mode pesawat. Hal ini dilakukan agar ponsel tidak mentransmisikan informasi ke menara cell power tanpa kita sadari. Berdasarkan pada beberapa sumber terpercaya, jaringan mobile dapat menjadi target utama penyadapan dan peretasan. Lubang keamanan yang ditemukan pada jaringan mobile dapat menjadi cara utama bagi peretas untuk membobol ponsel.

3. Mengenkripsi Perangkat


Mengenkripsi perangkat merupakan cara terbaik untuk melindungi keseluruhan file di dalam perangkat. File-file tersebut tidak akan mudah terbaca tanpa kunci dekripsi untuk membukanya. Sekalipun itu dilakukan oleh hacker profesional, tetap akan membutuhkan waktu sampai benar-benar berhasil. Dengan mengenkripsi perangkat maka setiap kali pengguna mengakses perangkat, akan otomatis diminta untuk memasukkan pin terlebih dulu. Memang agak ribet, tapi ini cara paling aman jika ponsel jatuh ke tangan orang yang berniat jahat.

4. Gunakan VPN, Firewall, Chat Enkripsi, Adblocker, Antivirus, dan Lainnya


Layaknya seperti komputer PC di rumah, perangkat smartphone juga membutuhkan pengamanan dari segi perangkat lunak. Maka dari itu, jangan lupa melakukan hal yang sama pada ponsel yang kita miliki, yakni dengan memasang software seperti Antivirus, Firewall, VPN, dan lain sebagainya yang dapat menambah keamanan ponsel.

5. Jangan Login WiFi Sembarangan


Tidak semua yang gratis itu baik untuk kita, salah satunya adalah WiFi gratisan, ditambah jika kita asal login sembarangan tanpa memedulikan keamananya. Menurut beberapa sumber terpercaya, sambungan WiFi dapat menjadi akses bagi peretas untuk masuk ke perangkat kita. Maka dari itu, kita dianjurkan untuk menggunakan VPN saat mengakses WiFi publik dan juga jangan pernah melakukan transaksi perbankan saat sedang tersambung ke WiFi publik karena itu sangat berbahaya.

Pada akhirnya, tidak ada pengamanan yang sempurna di dalam penggunaan smartphone atau perangkat elektronik lainnya. Namun, ada satu cara paling ampuh untuk terhindar dari ancaman para hacker dan spying, yakni dengan tidak menggunakan smartphone sama sekali. Kamu setuju dengan pendapat tersebut? Yuk, beri tanggapan kalian melalui komentar di bawah.
Share on Google Plus
Adverticement - Match Content

0 comments:

Post a Comment