Repair Canon IP2770 Paper Jam (Blinking 3x)

Beberapa kode kesalahan yang ada pada printer Canon seri IP2770 adalah sebagai berikut :
  1. Blink 3x lampu hijau nyala terus kerusakan pada mekanik pada umumnya
  2. Blink 4x lampu hijau nyala terus. Kerusakan pada perintah software menyatakan full “The ink absorber full. Contact the service centre.” Solusinya mudah hanya tinggal tekan tombol resume sampai terdengar bunyi mesin printer gludak-gluduk lalu lepaskan tombol resume tersebut. Biasanya setelah itu blink 4x langsung hilang dan printer canon anda normal kembali.
  3. Blink 5x dengan lampu hijau nyala terus. Kerusakan pada katride hitam / warna bisa jadi hanya kotor bagian belakang katridge yaitu kuningan kotor. Fungsi pin kuningan ini mempertemukan kepada penerima pembaca katride pada konektornya. Bila kuningan itu kotor mungkin masih bisa dibersihkan akan tetapi setelah dibersihkan tetap blink solusinya ganti katridge.
  4. Blink 7x lampu hijau nyala terus ini biasanya sering terjadi pada tipe printer canon ip1980. Jarang sekali terjadi pada canon ip2770. Masalah pada katridge.
  5. Blink 8x lampu hijau nyala terus artinya ink tank full solusinya memerlukan software resetter.
  6. Blink 14x atau 15x lampu hijau nyala terus berarti tanpa basa-basi katridge pada printer rusak biasanya katridge hitam paling sering jika blink antara 14x atau 15x. Ganti katridge.
  7. Masalah lain jika hendak melakukan cetak print dan kelihatan printer normal namun ketika proses print berjalan lalu muncul blink-blink itu artinya dikenal dengan istilah “Run Out”. Solusi cukup tekan tombol resume sekitar 20 hingga 30 detik kemudian lepaskan tombol resumenya. Setelah itu biasanya normal kembali. Jika perlu diulang 1x lagi apabila setelah melakukan tekan tombol resume selama 20 hingga 30 detik tadi belum berhasil hanya di ulang 1x lagi.

Berikut Cara Repair Canon IP2770 Paper Jam Blinking 3x
  • Bongkar casing printer terlebih dahulu caranya sangat mudah tinggal buka sekrup 2 didepan samping kiri dan samping kanan, dan 2 lagi diatas yaitu samping kiri dan samping kanan juga. untuk melihatnya buka tutup casingnya. lihat didepan ada 1 sekrup dikiri dan dikanan dan diatas posisinya sebelahan dengan lampu power diatas dikit posisi sebelah kanan dan yang satunya disebelah kiri. selanjutnya angkat perlahan maka casing akan sedikit terbuka dan dibelakang ada pengunci buka dengan menggunakan obeng min disitu ada petunjuknya tanda panah kebawah.
  • Kalau sudah terbuka kita cari sensor kertas yang posisinya ditengah lihat gambar

Repair Canon IP2770 Paper Jam (Blinking 3x)
Repair Canon IP2770 Paper Jam (Blinking 3x)
ini adalah posisi gambar sensor kertas bila rusak yang menyebabkan printer peperjam/blinking pada lampu kuning 3x berkedip dan lampu hijau tetap menyala. Untuk mengujinya bisa dicoba cabut kabel sensor nya dan nyalakan. maka lampu kuning tidak berkedip-kedip lagi. maka segera diganti dengan yang baru atau bekas yang penting masih normal.

Demikian Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Paper Jam (Blinking 3x) semoga bisa membantu
Share on Google Plus
Adverticement - Match Content

0 comments:

Post a Comment